Senin, 29 September 2014

Contoh Soal UAS IX SMP



DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 3 LAWANGULANGAN SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
Mata Pelajaran KertakesKelas IX (Sembilan)Hari, tanggal Selasa, 11 Maret 2008Waktu 60 menit
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.
 
Pernyataan di bawah ini adalah tujuan mempelajari seni, kecuali....a. Untuk menambah pengetahuan/ wawasan seni c. Untuk menambah kepekaan terhadap senib. Dapat mengetahui sesuatu yang indah d. Agar terampil dan kreatif 2.
 
Pengertian seni adalah....a. Sesuatu yang dikatakan indah c. Hasil karya yang dapat menyentuh perasaanb. Hasil karya seniman yang baik d. Sesuatu yang sifatnya alami3.
 
Manusia membutuhkan seni sebagai sarana....a. Memperoleh keuntungan c. Pelengkap kebutuhan hidupb. Pemuasan ekspresi d. Pemuasan kebutuhan fisik 4.
 
Penyampaian karya seniman media visual disebut...a. Seni rupa b. Seni gerak c. Seni sastra d. Seni suaran5.
 
Menggambar adalah kegiatan yang melipatkan emosional.....a. Ilustrasi b. Pasif c. Dinamis d. Kreatif 6.
 
Keindahan secara umum bersifat...a. Dinamis b. Statis c. Obyektif d. Subyektif 7.
 
Pernyataan di bawah ini merupakan pengertian karya seni yang menitik beratkan pada nilai guna, kecuali...a. Seni guna b. Seni terapan c. Seni karya d. Seni pakai8.
 
Pernyataan di bawah ini merupakan prinsip seni murni, kecuali....a. Mengutamakan nilai keindahan c. Merupakan ungkapan emosional yang kreatif b. Bentuk karyanya eliminasi d. Dimanfaatkan sebagai benda hias9.
 
Bentuk simetris suatu karya seni memberikan kesan....a. Elastis b. Statis c. Dinamis d. Kreatif 10.
 
Dalam mengamati dan menilai suatu karya seni dibutuhkan...a. Biaya, pikiran, tenaga c. Ketrampilan, tenaga, modalb. Perasaan, tenagam biaya d. Kecermatan, ketelitian, ketepatan11.
 
Nama lain dari pengamat karya seni adalah....a. Konsumen b. Produsen c. Seniman d. Apresiator12.
 
Kegiatan mengamati, menilai, dan menghayati karya seni disebut....a. Hakekat seni b. Prinsip seni c. Apresiasi seni d. Kreatifitas seni13.
 
Pernyataan di bawah ini merupakan pengaruh berkembangnya karya seni, kecuali....a. Imajinasi/ ide b. Keadaan sosial c. Budaya d. Zaman14.
 
Kebudayaan / kesenian tiap daerah berbeda, hal ini dikarenakan....a. Adat istiadat b. Kondisi sosial c. Pengaruh lingkungan d. Keseniannya berbeda15.
 
Untuk memuja roh nenek moyang/ dewa merupakan fungsi dari tema....a. Tema religius b. Tema primitif c. Tema tradisional d. Tema simbolik 
PETUNJUK UMUM:
1.
 
Tulis nama, kelas, nomor peserta, Anda pada lembar jawab.2.
 
Arsirlah atau hitamkan huruf A, B, C, dan D yang menurut Anda merupakan jawaban yang paling tepat.3.
 
Gunakan pensil 2B, dan penghapus karet yang baik.4.
 
Apabila ingin mengganti jawaban hapuslah jawaban tersebut dengan karet penghapus dan arsir/ hitamkan jawaban yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar